Kamis, 09 Agustus 2012

10 Trik Mengakhiri Suatu Pembicaraan

1. Tetap Santai

[Image: 165412_1.jpg]

Seorangahli komunikasi yang juga pimpinan di Roshini PerformanceGroup,Roshini Rajkumar mengatakan jika Anda tetap santai untukberpamitan ataumengakhiri pembicaraan, maka semuanya akan berjalandengan lancar tanpaperlu memberikan alasan mengapa Anda harus pergidan mengakhiripembicaraan tersebut.


2. Tunggu Adanya Jeda

[Image: 165455_2.jpg]

MenurutRegina Barr, Pendiri dan CEO RedLadder, jika topik yangdibicarakanantara Anda dengan relasi sudah begitu membosankan,sebaiknya tungguadanya jeda disela-sela pembicaraan tersebut. Saatjeda tersebut, Andadapat mempunyai kesempatan untuk mengakhirinyadengan sopan tanpa harusmemotong saat relasi Anda sedang berbicara.Misalnya dengan menjulurkantangan untuk bersalaman sambil tersenyumdan mengatakan 'senang sekalibertemu dengan Anda, sampai ketemu lagi'.


3. Jujur

[Image: 165617_3.jpg]

Seorangperekrut dari AccountSource, John Gouthro, Jr mengatakan Anda bisasajalangsung berkata jujur. Misalnya dengan mengatakan, "Maafkan saya.Sayatahu kita seharusnya bicara lebih banyak. Ini kartu nama saya,sangatmenyenangkan bertemu dengan Anda. Saya berharap bisaberbincang-bincangdi lain waktu." Kalimat tersebut dapat membantu Andaterlepas darisituasi yang membuat Anda canggung. Hal ini sangatefektif karena selainjujur​​ dan sederhana, relasi Anda pun akanmengerti bahwa pada Andatengah sibuk dengan pekerjaan.



4. Mengatakan Ingin ke Toilet

[Image: 165711_4.jpg]

Menurutpakar karir, Hector Cisneros, salah satu alasan untukmengakhiripembicaraan yang membosankan yaitu dengan mengatakan inginke toilet.Misalnya dengan berkata "Maaf, apakah Anda tahu di manakamar kecil?"dengan begitu Anda dapat keluar dari perangkappembicaraan yangmembosankan tersebut.


5. Katakan Ada Janji Bertemu Orang Lain

[Image: 165925_5.jpg]

SeorangPsikologi Klinis, Nancy Irwin mengatakan cara profesionaluntuk dapatkeluar dari percakapan apapun yaitu dengan menjabat tanganseseorang,melihat matanya dan berkata "Maaf memotong pembicaraan ini,mungkin kitabisa lanjutkan di lain
waktu karena saya ada janji bertemu dengan orang".


6. Mengalihkan Perhatian ke Orang Lain

[Image: 170000_6.jpg]

RachelDotson dari ZipRecruiter mengatakan untuk mengakhiripembicaraan Andabisa mencoba mengalihkan perhatiannya pada orang yangmemang dia tuju.Misalnya dengan mencoba memperkenalkan dia pada orangyang memangdibutuhkannya. Sehingga di saat Anda sedang berbicaradengan relasi,kemudian merasa canggung untuk mengakhirinya, Anda dapatmengatakan,"sudah bertemu dengan rekan saya belum? Kalian harusbertemu, dia orangyang tepat. Ayo kita cari dia."


7. Memberikan Pujian

[Image: 170237_7.jpg]

Memberikanpujian saat mengakhiri suatu percakapan juga dapatdilakukan. Sebagaicontoh, "Saya suka pandangan Anda mengenai industriini". Pujian yangbaik dapat membuat relasi Anda senang sehingga Andadapat mengakhiripembicaraan tanpa ada perasaan tidak enak.


8. Katakan Bahwa Anda Sedang Sibuk

[Image: 170311_8.jpg]

Saatseorang relasi yang Anda tahu tidak tertarik untuk bicara dengannya,mengajak bertemu cobalah saran dari ahli karir Erik Deckers. Katakanpada orang tersebut Anda benar-benar sibuk selama dua pekan ke depan.Kalau memang dia benar-benar butuh bicara dengan Anda, dia pasti akanmenghubungi lagi.


9. Berpura-pura Ada Panggilan Telepon

[Image: 170402_9.jpg]

Salahsatu strategi yang dapat membantu Anda mengakhiri suatupembicaraanyaitu dengan berpura-pura menerima panggilan telepon.Secara otomatis,relasi Anda akan menghargainya dan pembicaraantersebut akan berakhir.


10.Menawarkan Bantuan

[Image: 170438_10.jpg]

MenurutAlan Guinn, seorang Managing Director dan CEO dari GrupKonsultasiGuinn, sebelum memutuskan untuk mengakhiri suatu pembicaraandenganrelasi, sebaiknya Anda menawarkan bantuan. Misalnya denganmengatakan"Beritahu saja, apa yang bisa saya bantu?". Kalimat tersebutmembuatrelasi Anda merasa dihargai

0 Komentar:

Posting Komentar